Rabu, 30 Oktober 2019

Topik, Teori, Solusi.


Fasillitas AC yang Terabaikan
Mengenal Sistem Kerja AC Sentral dan Cara Perawatanya

AC (air conditioner) adalah alat yang befungsi sebagai pendingin ruangan. AC juga banyak jenis nya, salah satunya adalah jenis AC Central yang sering digunakan di ruang perkuliahan. AC sudah menjadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan atau kerusakan pada AC. AC bagi dunia perkuliahan itu penting, mahasiswa maupun dosen sangat membutuhkan AC agar kegiatan perkuliahan terasa nyaman. Apalagi melihat dengan kondisi cuaca di daerah Cirebon yang panas ini, jika sebuah ruangan tidak memakai AC atau pendingin ruangan maka rasanya akan sangat pengap dan gerah. Bau keringat pun akan sangat tercium. Bau keringat dari berbagai ras, suku dan bahasa bercampur menjadi satu? Waw! Entahlah akan tercium seperti apa baunya. Bukan kah itu akan menggangu kenyamanan dalam kegiatan perkuliahan? Ya, sangat mengganggu. Fasilitas AC itu harus diperhatikan, mengingat UKT yang dibayar mahasiswa bukanlah jumlah yang terhitung murah, fasilitas-fasilitas di dalam perkuliahan seharusnya lebih diperhatikan, salah satunya adalah fasilitas pendingin ruangan ini.
Kerusakan AC kerap terjadi karena ketidaktahuan masyarakat tentang cara menjaga AC. Di ruang perkuliahan yang bertanggung jawab dalam menjaga AC agar tetap berfungsi dengan baik adalah tugas mahasiswa dan para pekerja di kampus, lalu siapapun yang menggunakan ruangan tersebut harus sukarela menjaga agar AC tetap bekerja dengan baik.
Ketika AC mengalami kerusakan, pihak-pihak yang menggunakan ruangan itu harusnya bergegas unntuk melapor tentang kerusakan AC tersebut. Dan ketika penghuni ruangan sudah melapor pihak yang bekerja di bidang itu pun harus segera memperbaiki AC. Karena yang mengeluh ketika AC nya rusak itu bukan hanya mahasiswa, bahkan dosen pun kerap mengeluh ketika AC tidak berfungsi dengan baik.
Kerusakan AC ini adalah hal yang wajar, karena yang menggunankan bukanlah satu orang saja, tapi semua masyarakat kampus yang menggunakan ruangan ber-AC tersebut. Maka tugas untuk menjaga AC itu adalah tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat kampus.
Sebelum membahas cara menjaga AC, kita bahasa dulu beberapa hal yang menyebabkan AC rusak atau tidak dapat bekerja dengan baik. Berikut hal-hal yang menyebabkan rusak nya AC antara lain :
1.      Merokok didalam ruangan yang ber-AC.
2.      Membuka jendela terlalu lama ketika AC menyala.
3.      Menumpuknya debu dan karat.
4.      AC dipasang debfa tidak tepat.
5.      Tegangan listrik yang tidak stabil.
6.      AC dalam keadaan kotor dan tidak pernah dibersihkan.
Hal yang harus dibersihkan antara lain :
-          Saringan udara
-          Kipas atau Blower
-          Evaporator
7.      Kurang Freon.
8.      Thermostat Rusak.
Adapun cara menjaga AC dengan baik dan benar. Adalah sebagai berikut :
1.      Bersihkan Filter AC.
Ciri-ciri AC kotor adalah udara yang dikeluarkan tidak sedingin biasanya.
2.      Lakukan Pemeliharaan Secara Rutin. (menggunakan jasa service)
3.      Menutup Pintu, Jendela, Dan Ventilasi Saat Menyalakan AC.
Bagi kita yang awam banyak yang tidak tahu, bahwa hal di atas dapat mengganggu kinerja AC, bahkan bisa jadi merusak AC.
4.      Manfaatkan Fitur Timer.
AC pasti dilengkapi fitur Timer. Untuk merawa AC agar lebih tahan lama, sebaiknya manfaatkan fitur timer yang tersedia ini. Fitur Timer ini berfungsi untuk mengatur waktu operasional AC selama waktu ke depan, dan AC akan mati dengan sendiri sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
5.      Hindari Merokok di Ruangan ber-AC.
Ada beberapa mahasiswa yang ceroboh, mungkin karena tidak tahu atau apa mereka merokok didalam ruangan yang ber-AC. Inilah kenapa AC menjadi rusak. Mungkin disini letak kesalahan kita pengguna ruangan ber-AC. Seharusnya kita lebih berhati-hati lagi.
6.      Gunakan AC Sesuai Kebutuhan.
Waktu yang ideal penggunaan AC adalah 5 jam. Akan tetapi kegiatan perkuliahan tidak ditentukan dengan tepat kapan jam perkuliahan berakhir. Maka dari itu cara merawat AC yang dipakai lebih dari 5 Jam sehari adalah pasang fitur otomatis, fitur yang memungkinkan AC untuk berhenti sejenak dan menyala kembali secara otomatis.

Baiklah itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam merawat AC. Kita semua yang menjadi bagian dari masyarakat kampus harus berpartisipasi dalam menjaga fasilitas yang sudah disediakan.





”MARI KITA MENJAGA FASILITAS KAMPUS!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar