Rabu, 30 Oktober 2019

Berbahasa Yang Satu Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia
Sebagai masyarakat Indonesia, kita semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "SUMPAH PEMUDA" isi nya adalah sumpah para pemuda Indonesia untuk Negara Indonesia. Adapun berikut isi dari Sumpah Pemuda.
Gambar 1.1

Sejarah awal mulanya Bahasa Indonesia ini adalah dari Sumpah Pemuda ini, pada awalnya Sejarah Bahasa Indonesia ini berawal dari Bahasa Melayu. Bahasa Melayu ini pada Masa Sriwijaya, digunakan untuk bahasa penghubung antar suku di Indonesia. Lalu Bahasa Melayu ini yang kemudian di sah kan menjadi Bahasa Persatuan Negara Indonesia tepatnya pada saat Sumpah Pemuda. Sesuai dengan isi Sumpah Pemuda yang ketiga yang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Sumpah pemuda berlangsung pada tanggal 28 Oktober 1928. 
Bahasa Indonesia pada zaman dulu ketika awal merdeka itu sedikit berbeda dengan Bahasa Indonesia yang sekarang kita gunakan. Contoh, dulu itu isi teks Sumpah Pemuda bukan seperti gambar 1.1, melainkan di bawah inilah bentuk asli Teks Sumpah Pemuda pada saat pertama di buat.
Gambar 1.2

Beda bukan dengan gambar 1.1? ya memang sekilas terlihat berbeda, namun makna dan pembacaan nya sama. 


Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia.

Kedudukan Bahasa Indonesia adalah sebagai Bahasa Persatuan Negara Indonesia atau bahasa pemersatu. Karena di Indonesia ini sangat beragam, dan pada Tahun 2019 ini tercatat bahwa Indonesia memiliki 34 provinsi, dan 714 suku serta 1.001 bahasa, maka dari itu agar memudahkan Masyarakat Indonesia yang berbeda bahasa ini maka Bahasa Indonesia berfungsi untuk memudahkan komunikasi masyarakat Indonesia yang berbeda-beda bahasa tersebut. 
Adapun Fungsi dari Bahasa Indonesia antara lain :
1. Bahasa Indonesia sebagai Identitas Bangsa.
2. Bahasa Indonesia sebagai Kebanggan Bangsa.
3. Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi.
4. Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Ras, Adat Istiadat dan Budaya.
Adapun Kedudukan Bahasa Indonesia antara lain :
1.
Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan.
2. Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunnia pendidikan.
3. Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan.
4. Bahasa Indonesia sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar